Nanas Blitar, si mungil bermahkota yang bergizi

Sebenarnya ini bukan salah satu buah favorit saya, tapi karena gizi dan manfaatnya dan juga karena buah ini ada di salah satu menu kami, maka buah ini kami buat artikelnya. Anda semua pasti cepat mengenali jenis buah ini dari ciri fisiknya. Nanas termasuk dalam famili Bromeclacei, merupakan tanaman monokotil dan bersifat merumpun. Deskripsi pembentukan buah : Pada batang, tumbuh tangkai bunga, dan juga tumbuh pula tunas, tunas yang tumbuh pada batang disebut sucker sedangkan tunas yang tumbuh pada tangkai disebut slips.Tanaman nanas berbunga pada ujung batang menghadap keatas, bunganya bersifat majemuk, yang terdiri lebih dari 200 kuntum bunga yang tidak bertangkai. Bunga terletak tegak lurus pada batang dan menyatu mengembang menjadi buah majemuk yang kita kenal dengan daging buah nanas. Hal ini dibuktikan dengan masih terlihatnya kelopak dari setiap bunga yang dikenal sebagai mata nanas.
Nanas sendiri sebenarnya bukan buah asli indonesia, melainkan buah dari brazil dan paraguay, yang merupakan buah tropis sehingga bisa tumbuh bagus di daerah daerah katulistiwa. 
Untuk di indonesia, ada dua jenis yang banyak di budidayakan yaitu jenis Queen dan cayenne.
Ciri buahnya :
Queen buahnya cenderung lebih kecil, nerkulit kasar dan tajam, warna kulit buah kuning, daging buahnya lebih kering, renyah dan manis. Dikembangkan di bogor, blitar
Cayenne  buahnya lebih besar,permukaan kulit lebih rata dan halus, warna kulitnya hijau, jambulnya pendek, daging buahnya berserat, berair dan masam. Dikembangkan di  Subang, biasanya jenis ini untuk buah industri, atau olahan.
Nanas Blitar memang secara fisik berukuran kecil yang ukuran berkisar 1-2 kg saja. Nanas blitar dengan daging buahnya yang manis dan beraroma harum memang sangat bisa diunggulkan sebagai buah meja, dimana nanas ini bisa langsung dimakan tanpa perlu diolah terlebih dahulu.
Apa yang terkandung dalambuah nanas blitar ini??
Nanas blitar benyak mengandung zat Bromelin, yang berguna sebagai pemecah protein dalam tubuh manusia. Seperti halnya buah buah sehat yang lain, nanas juga mengandung antioksidan dan fitokimia yang tinggi dimana zat2 ini dapat berfungsi diantaranya sebagai penghilang stress, mencegah wasir, jantung, dan anti kanker. Selain itu vitamin C  buah nanas mencapai 24 mg dan vitamin A 39 mg per 100 gram dari buah nanas.
Nilai kandungan gizi nanas per 100 gr
Energi 202kal
Karbohidrat 12,63 g
Gula 9,26 g
Diet serat 1,4 g
Lemak 0,12 g
Protein 0,54 g
vitamin B6 0,11 g
Thiamine (vitamin B1) 0,079 mg
Riboflavin (vitamin B2) 0,031 mg
Niacin (vit B3) 0,489 mg
Asam pantotenat 0,205 mg
Folat 15 mg
Kalsium 13 mg
Magnesium 12 mg
Fosfor 8 mg
Kalium 115 mg
Seng 0,10 mg
Hmmm...luar biasa bukan, nanas selain daging buahnya, sebenarnya banyak sekali yang bisa dimanfaatkan, Kulit nanas bisa dimanfaatkan untuk membersihkan marmer, bahkan daun nanas mempunyai serat yang panjang yang bisa dijadikan benang untuk bahan pakaian. Ada banyak sekali sumber asupan gizi disekitar kita dengan harga murah tapi tidak kalah dengan buah buah impor. Hanya saja kadang buah buah lokal ini tidak begitu dilirik karena kelokalannya mungkin, dan karena popularitasnya yang kalah dengan buah buah impor. Oleh karena itulah Bakso Alfa Group melalui blog ini berusaha memperkenalkan sumber sumber gizi yang berasal dari produk lokal, yang mana memungkinkan sebagai pilihan menggantikan produk impor, sebagai alternatif asupan gizi  buat keluarga kita. Di Kedai Bakso Alfa ada juga menu lain, klik disini untuk melihat.


Baca juga :
Apel malang, buah lokal bergizi tinggi
Bebek, gurih dan bergizi
Belut, manfaat dan kanfungan gizinya
Tentang Bakso Alfa Group
Peluang usaha Bakso Alfa
Menu lain Kedai Bakso Alfa, untuk pesanan
Produk lokal VS Produk impor
Mengatasi batu ginjal, ternyata semua ada di sekitar kiat
Minum es penyebab flu, mitos atau fakta??
Menguak rahasia Petai (pete)
Sudahkah anda pakai MICIN??
Mau perkasa?? di jambu merah aja..!

1 komentar: