Menguak rahasia Petai (Pete)

Tanaman Petai, tumbuhan yang juga bernama latin Parkia Speciosa ini, banyak tersebar di indonesia dan merupakan tanaman dari genus Parkia dalam keluarga fabacea. Tanaman ini yang banyak dimanfaatkan adalah buahnya, yang cirinya, berbentuk panjang berongga, dimana di dalam rongga itulah terdapat biji buah berwarna hijau.
Petai berkembang menjadi bahan makanan yang banyak digemari, walaupun mempunyai rasa yang agak pahit dan bau menyengat, petai ini sudah menjadi bahan makanan favorit masyarakat di berbagai wilayah d indonesia sejak jaman dulu.
Petai ini bisa diolah menjadi bahan tambahan berbagai jenis masakan, bahkan untuk sebagian masyarakat menggunakan petai ini sebagai lalapan, atau di makan mentah tanpa di masak. Untuk bahan tambahan biasanya petai di campur dengan bahan2 makanan lain sebagai contoh petai bisa campurkan dalam jenis masakan seperti lodeh, tumis, sambal (seperti yang terdapat di menu kedai bakso alfa group). dan lain sebagainya.
Ada dua pemahaman seputar petai ini, ada yang mengatakan petai tidak bagus dikonsumsi ada juga yang megatakan petai sangat bagus sebagai konsumsi. Lalu mana yang benar? 
Sebagai informasi awal jawaban dari pertanyaan diatas adalah bahwa dua pemahaman diatas adalah sama benarnya.
Saya akan coba uraikan rahasia di balik petai ini
Dalam buah petai, mengandung banyak sekali kandungan gizi, jika anda bertanya seberapa besar kandungan gizinya, mungkin anda akan sangat terkejut saat mengetahuinya, disini akan saya bandingkan dengan apel, yang juga sudah saya posting sebelumnya. Yups, sekedar tahu saja 
Dalam 100 gr petai dengan perbandingan yang sama dengan apel, Petai memiliki protein empat kali lipat lebih banyak dari apel, karbohidrat dua kali lebih banyak dari apel, kandungan fosfor tiga kali lipat dari apel, vitamin A dan zat besi lima kali lipat dari apel , serta dua kali lipat vitamin dan mineral lainnya. Luar biasa bukan.
Selain itu petai mengandung tiga macam gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasi dengan serat, kombinasi itu mampu memberikan dorongan tenaga instan, yang efeknya cukup lama dan besar. Petai juga merupakan sumber energi yang baik yaitu 142 kkal /100 gramnya. Dan dari besarnya energi yang dikandung petai ini bisa di ambil perhitungan, memakan dua biji petai bisa menghasilkan energi yang mampu digunakan tubuh untuk bekerja berat selam 90 menit.
Berikut uraian kandungan didalam petai dan manfaatnya buat tubuh :
> Petai mengandung anti oksidan yang baik, yang bisa membersihkan radikal bebas dalam darah, yang baik untuk kesehatan ginjal.
> Petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang bisa diubah tubuh menjadi serotonin, kandungan zat ini bisa membuat relax, memperbaiki mood, pada dasarnya membuat seseorang yang memakannya menjadi lebih bahagia. Oleh karena itu mengkonsumsi petai baik untuk penderita depresi.
> Vitamin B6 yang terkandung dalam petai mengatur kadar gula darah yang juga biasanya dapat membantu mengatur mood, sehingga banyak disarankan untuk kaum wanita pada masa sebelum maupun saat menstruasi.
> Kandungan zat besi yang tinggi ini dapat menstimuli produksi sel darah merah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia.
> Petai ini juga mengandung kalium yang tinggi, tapi disisi lain rendah garam, sehingga merupakan bahan makanan yang sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah, dan sangat baik untuk mengurangi resiko terkena serangan darah tinggi ataupun stroke. Selain itu kandungan kalium yang tinggi juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan otak.
> Petai juga mengandung serat yang tinggi, yang mempermudah menormalkan kembali pencernaan dan membantu mengatasi masalahan susah buang air besar.
> Petai memiliki efek antasid pada tubuh, sehingga jika anda merasakan kekenyangan, merasa sesak dan panas di dada akibat kekenyangan cobalah untuk makan petai ini.
> Petai mengandung vitamin B yang sangat tinggi sehingga akan membantu menenangkan syaraf.
> Petai mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan lambung
> Mengkonsumsi petai diantara waktu makan bisa mengurangi rasa mual 
> Kulit petai dipercaya juga bisa untuk mengurangi rasa gatal dan lebam
> Petai juga sangat baik untuk ibu yang akan melahirkan karena petai dapat menurunkan suhu tubuh sehinggga mengkonsumsi petai saat melahirkan bisa untuk memastikan suhu bayi saat lahir tidak terlalu tinggi.
Namun selain begitu banyak manfaat yang terkandung di dalam petai, petai juga mempunyai kandungan zat yang jika di konsumsi berlebihan bisa berbahaya buat tubuh, Petai mengandung asam amino yang sangat tinggi, asam amino inilah yang menyebabkan aroma tidak sedap pada urine. Asam amino ini juga kaya akan unsur Nitrogen dan Sulfur, di dalam tubuh zat ini akan berubah menjadi gas berupa Amoniak, dan hidrogen Sulfida, produksi gas inilah yang seringkali menyebabkan kentut menjadi bau setelah mengkonsumsi petai.
Asam amino merupakan komponen yang sangat penting untuk pembentukan protein, tetapi jika jumlahnya terlalu banyak, maka akan dibuang melalui ginjal, dan akibatnya protein yang berat dan molekul besar akan bisa merusak saringan pada ginjal, yang mengakibatkan ditemukan protein dalam urine, ditemukannya protein dalam urine ini bisa menjadi indikator telah terjadi gangguan fungsi ginjal..
Dari uraian diatas kita bisa ambil informasi bahwa didalam petai terkandung banyak sekali kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh, namun disisi lain, karena juga mengandung asam amino yaang sangat tinggi maka  konsumsi berlebihan akan petai juga bisa membahayakan kesehatan. Jadi pilihan yang terbaik untuk mendapatkan manfaat dari petai ini adalah dengan mengkonsumsi secara bijak dan tidak berlebihan.



Baca juga :

1 komentar: