Belut, manfaat dan kandungan gizinya

Mungkin hewan ini tidak populer sebagai makanan konsumsi, tapi menurut ajaran islam Belut ini halal di konsumsi, dan yang perlu diketahui belut mempunyai kandungan gizi serta manfaat yang banyak.
Belut yang juga bernama latin Monopterus Albus, adalah sejenis hewan air yang hidup di daerah rawa, aliran sungai dan atau genangan air yang berlumpur, ada tiga jenis belut yang ada di indonesia
1. Belut rawa
2. Belut mata kecil
3. Belut sawah
Belut sawah inilah yang banyak dikenal dan di jadikan konsumsi.
Kandungan gizi yang terdapat pada daging belut :
Kolesterol, protein, air. sodium, kaloris tinggi, omega 3 dan omega 6, vitamin A,C,dan E, thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6 dan B12, Folate, Pantothenic acid, chaolin, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, Pottasium, zodium, zink, selenium dan mangan.
Protein pada belut sebesar 18,4 g/100g, yang mana setara dengan protein daging sapi dgn berat yang sama. Sedangkan kandungan energinya sebesar 330 kkal/100g, itu lebih tinggi dr telur dan daging sapi.
Kandungan Zat besi sebesar 20 mg/100g jauh lebih besar dari telur dan daging sapi.
Dengan kadar protein, zat besi dan energi yang tinggi, mengkonsumsi belut bisa meningkatkan vitalitas tubuh. Zat besi membentuk hemoglobin darah yang membawa oksigen keseluruh tubuh, dan oksigen mengoksidasi karbohidrat, lemak dan protein menjadi energi. Kekurangan zat besi menyebabkan lemahnya sistem kekebalan tubuh.
Belut juga mengandung banyak fosfor, lebih tinggi dari telur, tanpa fosfor ini, kalsium tidak dapat membentuk masa tulang, maka konsumsi fosfor sngt diperlukan agar tulang menjadi kuat, dan terhindar dari  osteoporosis.
Vitamin A pd belut juga tinggi, mencapai 1.600 SI/100g yg baik untuk pertumbuhan, penglihatan, dan reproduksi
kandungan vitamin  B pada belut penting untuk otak, membantu membentuk protein, hormon dan sel darah merah.
Namun, disamping nilai gizi yang tinggi, kandungan lemak pada belut juga cukup tinggi, maka diperlukan pengolahan dan pemasakan yang benar, di sini kami memperkenalkan produk olahan belut yang kami olah menjadi pentol bakso belut, dimana pentol ini kami rebus sehingga bisa menekan kandungan lemak sehingga tidak terlalu tinggi untuk konsumsi. Dan kami juga menawarkan peluang usaha menjadi Reseller produk kemasan kami.


Baca juga :

2 komentar: